Mobil Listrik Buatan Mahasiswa UPI ini Berhasil Meluncur di Sirkuit Italia

InfoBandung,-

Sekelompok mahasiswa dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung berhasil mengharumkan nama negara Indonesia. Diwakili oleh Tim Bumi Siliwangi UPI, mereka menciptakan kendaraan listrik dengan kecepatan tinggi. Mobil bertenaga baterai elektrik ini memiliki kecepatan 60-70 km/jam dengan bobot 80 kilogram. Beberapa waktu lalu, mobil tersebut berhasil menunjukkan kebolehannya meluncur di sirkuit legendaris Ferrari, Fiorano di Maranello Italia.

Disadur dari laman Detikcom, mobil garapan Tim Bumi Siliwangi UPI yang disebut Turangga Cheta Ev4 ini menampilkan kebolehannya dengan driver Ramdhani pada hari Rabu 7 Desember 2016. Ramdhani menjadi orang Indonesia pertama yang menguji track test drive yang legendaris ini dengan mobil elektrik karya timnya.

Ramdhani mengendari mobil Turangga Cheta Ev4 dalam ajang “Most Efficient Lap”, sebuah event hasil kerjasama inovasi antara Ferrari dan Shell. Untuk kali pertamanya ajang tersebut diselenggarakan di Fiorano Circuit, dimana Ferrari membuka track test drive nya untuk digunakan menguji kendaraan yang bukan produksi Fiat-Chrysler Group.

Kesempatan Tim Bumi Siliwangi untuk tampil di “Most Efficient Lap” merupakan buah hasil karyanya memenangkan event Shell Eco-marathon Drivers World Championship London pada bulan Juli 2016 yang lalu.

Tak hanya itu, tim Bumi Siliwangi pun mendapatkan pengetahuan dan wawasan berharga dari tim teknis Scuderia Ferrari yang bermanfaat untuk meningkatkan performa mobil ciptaan terbarunya sebelum tampil pada ajang Shell Eco-marathon Asia 2017 di Singapura pada Maret mendatang.

“Dapat mengendarai Turangga Cheta Ev4 langsung di sirkuit balap uji coba milik Ferrari yang permukaannya kasar sangat menantang kreativitas saya untuk bisa mencapai efisiensi yang maksimal. Ini berbeda dengan lintasan jalan raya Luneta Park, Filipina yang cenderung lurus dan nyaris tanpa tikungan. Demikian juga dengan lintasan Queen Elizabeth Olympic Park, London yang memiliki tanjakan terjal yang berbeda dengan lintasan Fiorano Circuit.
Mengemudi di tiga lintasan yang berbeda akan menjadi pengalaman yang berharga bagi tim kami untuk dapat membuat mobil yang lebih inovatif dan efisien di masa mendatang,” ujar Ramdhani.

“Para mahasiswa dari tim Bumi Siliwangi telah menghabiskan seminggu bekerja bersama kami melalui berbagai workshop di Museo Ferrari dan belajar lebih banyak mengenai bagaimana cara kami bekerja sebagai sebuah tim dalam rangka meningkatkan kendaraan mereka menjelang Shell Eco-marathon Drivers World Championship 2017 mendatang. Sungguh sangat luar biasa bekerja dengan sebuah kelompok mahasiswa penuh motivasi yang benar-benar mendorong batas-batas efisiensi, dan ini dimungkinkan karena kerjasama inovasi dengan Shell, yang mendorong kami bekerja sama lebih erat daripada sebelumnya baik di dalam maupun di luar lintasan,” papar Mattia Binotto, Chief Technical Officer Scuderia Ferrari dalam siaran pers, Jumat (9/12/2016).

Berbekal pengetahuan dan pengalaman dari Scuderia Ferrari, Tim Bumi Siliwangi Team 4 akan membawa bekal pembelajaran ini untuk dipraktikkan di Shell Eco-marathon Asia 2017 mendatang di Singapura pada 6-19 Maret 2017.


Source:

. Sumber

loading...

Lintas Daerah. update: 2:19:00 PM

0 Response to "Mobil Listrik Buatan Mahasiswa UPI ini Berhasil Meluncur di Sirkuit Italia"

Post a Comment