Jadi Pembicara di Webinar Inspiring, Fahsar: BLT Kita Fokuskan Untuk Pemulihan Ekonomi Masyarakat

BONE, SULAWESINEWS.COM – Institut Transparansi dan Akuntabilitas Publik (Inspiring) menggelar webinar (web seminar) atau seminar online, Kamis (2/7/2020).

Dalam webinar yang digelar Inspiring tersebut, Bupati Bone Dr HA Fahsar M Padjalangi, menjadi salah satu pembicara.

Seminar yang dilaksanakan secara virtual itu tersambung di ruang kerja Bupati Bone, Jalan Ahmad Yani, Watampone.

Webinar dengan tema “Menelisik Transparansi dan Akuntabilitas BLT dan Desa di Masa COVID-19″ dan dipandu oleh dosen Unhas yang juga sebagai Managing Divisi Pendamping Inspiring, Dr Tenriwaru.

Managing Director Inspiring, Dr Hj Marwah Yusuf mengatakan, Inspiring mengambil tema ini karena kebetulan pihaknya memang concern dengan transparansi dana desa.

Karena kata Marwah Yusuf, menjadi menarik ketika anggaran dana desa dipergunakan untuk bantuan langsung tunai ke masyarakat yang berdampak Covid-19.

”Ternyata fakta di lapangan distribusi BLT dana desa mengalami banyak kendala” ungkapnya.

Ia pun berharap ouput dari webinar ini, bisa memberikan pemahaman soal fakta BLT (Bantuan Langsung Tunai) dana desa di lapangan.

Sementara itu, Bupati Bone dalam pemaparannya menegaskan, pengelolaan dana desa di Kabupaten Bone sudah sangat transparan.

“Termasuk, adanya laporan berkala mengenai pendayagunaan sumber daya dalam perkembangan proyek yang dapat diakses oleh publik,” kata Fahsar.

Fahsar pun menegaskan, bahwa masyarakat juga dilibatkan baik dalam proses perencanaan maupun pengawasan.

Dijelaskannya, selama masa pandemi Covid-19 ada tiga prioritas penggunaan dana desa. Pertama, terkait pencegahan dan penanganan. Kedua, padat karya tunai desa, dan ketiga adalah bantuan langsung tunai dana desa.

“Nah BLT ini yang memang kita fokuskan untuk pemulihan ekonomi masyarakat, khususnya mereka yang terdampak Covid-19,” jelasnya.

Seperti diketahui selama pandemi, Bupati Bone turun langsung ke lapangan memantau perkembangan dan penyerahan BLT untuk memastikan bantuan tepat sasaran. (**)

. Sumber

loading...

Lintas Daerah. update: 11:27:00 PM

0 Response to "Jadi Pembicara di Webinar Inspiring, Fahsar: BLT Kita Fokuskan Untuk Pemulihan Ekonomi Masyarakat"

Post a Comment